Rabu, 18 Juni 2014

Cara menaikkan berat badan menjadi ideal

Cara menaikkan berat badan menjadi ideal – berat badan yang ideal adalah impian setiap perempuan maupun laki-laki. Jika berat badan kita kurus, tentu sangat terlihat sangat aneh. Tubuh kurus banyak memiliki kekurangan, seperti susahnya memilih baju yang cocok, mudah sakit, dan tentunya penampilan tidak bisa maksimal.

cara menaikkan berat badan

Banyak orang yang menginginkan dirinya menjadi langsing atau kurus, namun banyak juga yang menginginkan dirinya menjadi lebih gemuk. Anda yang ingin menaikkan berat badan pasti bingung mengapa berat badan tidak bisa bertambah walaupun sudah makan banyak dan juga sudah jarang bergerak. Apa sih yang menyebabkan seseorang tidak bisa gemuk? Dan bagaimana cara agar kita bisa menaikkan berat badan kita? Berikut akan saya berikan banyak tips yang bisa berguna untuk anda.

Anda bisa dikategorikan underweight atau kurus jika indek massa tubuh (IMT) dibawah 16,5. Jika IMT dibawah 16,5 maka anda termasuk sangat kurus atau anorexic. Nilai IMT diperoleh dengan membagi berat tubuh ( dalam Kg) dengan tinggi  (dalam meter) kuadrat.

Lantas, mengapa seseorang bisa memiliki tubuh yang kurus, bahkan anoreksik? salah jika anda mengira jawabannya sebatas porsi dan kalori makanan yang di asup saja.

Selain faktor genetis, sistem metabolisme yang cepat juga bisa mengakibatkan seseorang sulit gemuk. Apalagi jika mengalami kelainan pola makan, seperti bulimia atau anorexia nervosa - kelainan pola makan karena ketakutan berlebih akan kegemukan.

Kurus juga merupakan manifestasi sejumlah gangguan fisik dan psikologis. Penyakit kronis semacam diabetes dan gangguan psikologis, seperti stress atau depresi, bisa mengakibatkan seseorang tidak bisa gemuk.

Tak hanya itu, anda akan sulit gemuk jika rutin mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan, atau jika aktivitas fisik terlalu berlebih.

Memiliki badan kurus memiliki banyak efek sampingnya dan tidak hanya obesitas saja yang memiliki efek samping. Memiliki badan kurus cenderung system pertahanan tubuhnya lebih lemah dan mudah sakit. Memiliki tubuh kurus cenderung mudah terserang batuk, pilek, flu, alergi.

Selain itu, anda juga lebih rentan mengalami osteoporosis . Terlebih lagi, penduduk Asia memang memiliki risiko kerapuhan tulang yang lebih tinggi, karena ukuran tubuhnya lebih kecil.

Disamping itu, energi juga lebih cepat terkuras. Walhasil, anda jadi lebih sering letih, malas, yang ujung-ujungnya mengganggu konsentrasi dan produktivitas di sekolah, maupun di tempat kerja.

Cara menaikkan berat badan

cara menaikkan berat badan secara ideal

Jadi, bagaimana mengatasinya? Setidaknya ada 8 cara yang bisa anda lakukan untuk membuat tubuh lebih berisi.

1. Perhatikan proporsi makan

Kata kuncinya adalah memilih makanan yang tepat dan sehat. Perbanyak sayuran, buah dan bahan makanan yang sarat karbohidrat kompleks serta protein. Proporsi idealnya adalah 30-50 protein, 20 -50% karbohidrat, dan 20-40% lemak. Khusus untuk lemak, sebaiknya anda memilih jenis lemak omega 3 dan omega 6.

2. Perbanyak kalori

Untuk menambah bobot kalori dari 0,5 Kg, anda butuh tambahan kalori dari makanan setidaknya 3.500 kalori. Dari mana kalori tambahan tersebut? Anda bisa memanennya dari gandum yang belum diproses, daging, telur dan susu. Selain itu biasakan makan setidaknya tiga kali sehari, dan pilih makanan berkarbohidrat kompleks.  Jika perut sudah keroncongan sebelum waktunya,  kudapan berprotein tinggi akan menjadi dewa penolong anda.

3. Cakupan protein

Makanan yang tinggi protein seperti telur, daging ayam dan ikan, akan membantu membentuk dan memperkuat otot. Jika anda vegetarian, perbanyak makan polong-polongan dan kacang.

4. Konsumsi HANYA lemak baik

Walaupun rasa untuk memiliki tubuh berisi sudah tak terbendung, anda tetap harus pilih-pilih jenis lemak yang akan dikonsumsi. Pilihan terbaik adalah asam lemak omega 3 dan omega 6 yang banyak terdapat pada walnut, alpukat, buah zaitun, dan ikan salmon.

5. Pintar memilih minuman

Kalori tambahan juga bisa berasal dari minuman, seperti jus buah, susu dan susu. Meskipun begitu, air putih tetaplah pilihan terbaik untuk melepaskan lelah.

6. Mengudap bijak

Mengudap adalah salah satu cara termudah untuk menambah kalori. Tetapi, harus bijak dan selektif. Kudapan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi adalah pilihan paling pas. Begitu pun buah yang sudah dikeringkan, yang mengandung kalori lebih tinggi dibandingkan buah segar.

7. Selang -seling olahraga

jika ingin menambah berat badan, lakukan olahraga berintensitas tinggi, dan mempunyai frekuensi rendah. Misalnya, jika jadwal gym anda 3-4 kali seminggu, usahakan agar durasi olahraga perkunjungan tidak melebihi satu jam. selain itu sebaiknya anda tidak berlatih beban, agar kelompok otot besar bisa terbentuk.

8. Cukup tidur

Cukupi durasi tidur ideal selama 7-8 jam per malam. Sebelum beranjak ke tempat tidur, minumlah segelas susu hangat terlebih dahulu. Selain membantu mempercepat proses tidur, anda juga mendapat tambahan kalori.

Nah, jika kedelapan tips di atas sudah anda lakukan, hal yang paling penting adalah bersabar. Menaikkan berat badan memerlukan banyak waktu. Kita harus konsisten dengan melakukan hal-hal di atas sampai kita dapat meraih hasilnya. Kita jangan sampai menyerah ketika waktu yang kita gunakan sangat lama. Semoga anda bisa menaikkan badan anda. Sumber : Cara menaikkan berat badan.