Kamis, 19 Juni 2014

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Apakah anda pernah merasa malu membuka mulut anda, mengecilkan lebar mulut saat berbicara dan menginginkan mulut agar terkunci seperti anda tidak leluasa untuk membuka mulut anda? Jika anda mengerti penyebab dari sikap anda tersebut adalah napas bau yang keluar dari mulut anda sehingga anda merasa tidak nyaman, maka disini anda akan menemukan solusinya. Anda sebaiknya memperhatikan kondisi mulut anda mulai sekarang juga, sebab jika anda tetap kurang percaya diri, maka pergaulan anda akan terganggu. Apalagi jika anda adalah seorang  yang harus sering bicara dengan banyak orang setiap hari.

bau mulut

Penyebab Timbulnya Bau Mulut

Bau mulut biasanya disebabkan oleh masalah kebersihan mulut sehingga sisa makanan yang di konsumsi berinteraksi dengan bakteri-bakteri menghasilkan senyawa yang menghasilakan bau yang tidak sedap. Bakteri sangat mudah berkembang di mulut yang kurang terjaga kebersihannya. Selain itu, kondisi gigi yang berlubang menyebabkan banyak sisa makanan tidak terjangkau oleh sikat gigi. Sisa makanan ini kemudian membusuk didalam lubang gigi dan ikut menyebabkan bau mulut anda.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan bau mulut anda menjadi bau dan tidak sedap. Kebiasaan-kebiasaan ini sebaiknya anda hindari agar bau mulut anda menjdi lebih sedap dan tidak mengganggu orang lain di sekitar anda.

1. Tidak sarapan pagi

Kebiasaan tidak sarapan pagi akan menyebabkan anda sakit maagh. Selain itu, kebiasaan tidak sehat ini juga akan menyebabkan mulut anda bau. Hal ini disebabkan, dalam mulut terdapat sejumlah bakteri penyebab bau mulut yang akan bereaksi jika tidak ada asupan makanan yang ‘menyapu’ bagian mulut Anda. Sarapan pagi akan membuat produksi air liur menjadi normal yaitu saat anda harus mengunyah makanan. Bau mulut yang berlebihan juga biasa terjadi pada saat orang melakukan puasa.

2. Sariawan yang sudah parah

Sariawan yang sudah parah biasanya akan membuat mulut anda bau karena sakit ini seringkali mengeluarkan bau yang kurang sedap. Bahkan, dalam kondisi tertentu sariawan di mulut anda akan mengeluarkan nanah yang berbau busuk.

3. Jarang sikat gigi

Salah satu penyebab bau mulut yang paling dominan adalah jarang sikat gigi. Kebiasaan ini tidak hanya merusak gigi anda, tetapi juga akan mengakibatkan bau yang sangat menyengat pada mulut anda.

4. Merokok

Selain bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, merokok juga bisa menyebabkan bau mulut. Hentikanlah kebiasaan merokok Anda sekarang juga agar mulut Anda tidak mengeluarkan bau tak sedap.

Tips dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

Menghilangkan bau mulut tidak hanya dilakukan dengan menghindari beberapa hal diatas atau hanya dengan rajin menggosok gigi. Anda juga sebaiknya melekukan beberapa cara lain agar napas anda lebih segar. Hal yang bisa anda lakukan agar bau mulut anda hilang adalah sebagai berikut.

a. Rajin berkumur dengan daun sirih

Anda dapat membuat mulut anda bersih dari bakteri dan mempunyai efek harum yang awet dengan ekstrak daun sirih. Daun sirih sudah biasa digunakan untuk mengobati sakit gigi dan berkhasiat untuk kesehatan mulut dan gigi. Selain itu, daun sirih juga berguna untuk mengatasi bau mulut.

Untuk menghilangkan bau mulut anda, anda hanya perlu merebus lima lembar daun sirih dengan empat gelas air. Biarkan hingga tersisa dua sampai tiga gelas saja, setelah itu diamkan selama satu malam. Pada keesokan harinya, gunakan air rebusan daun sirih yang telah Anda buat untuk berkumur kumur. Bau mulut anda akan lebih harum dan tidak bau.

b. Perbanyak konsumsi buah buahan

Mengonsumsi buah buahan yang banyak juga akan membantu Anda dalam mengatasi bau mulut. Dengan mengonsumsi buah-buahan secara rutin, produksi air liur akan meningkat sehingga bau mulut pun hilang.

c. Perbanyak minum teh hijau

Mengkonsumsi teh hijau sangat baik untuk diet, tetapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut anda. Teh hijau mengandung banyak anti oksidan yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk tubuh anda.

d. Kunyah permen karet

Bau mulut bisa disebabkan oleh mulut anda yang kering. Mengonsumsi permen karet bisa membuat produksi air liur menjadi lebih banyak sehingga bau mulut bisa dihilangkan.

Anda dapat memilih permen karet dengan rasa yang khas dan memiliki wangi yang cukup kuat sehingga bau mulut anda dapat disamarkan dengan bau permen karet tersebut. Anda juga bisa mengkonsumsi permen permen jenis lainnya seperti permen kunyah ataupun permen wangi.

Meskipun anda sudah melakukan tips dan cara diatas, anda sebiknya membersihkan lidah setiap kali selesai sikat gigi. Lidah adalah jalan masuknya makanan ke dalam tubuh dan menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk tinggal, maka membersihkan lidah secara rutin menjadi hal yang juga wajib dilakukan. Nah, untuk memastikan tidak ada sisa-sisa makanan yang tertinggal dalam mulut, lakukan flossing sekali setiap hari.