Jumat, 08 Agustus 2014

Tips perawatan rambut berjilbab

Tips perawatan rambut berjilbab sangat diperlukan untuk anda yang sering menggunakan kerudung, hijab ataupun jilbab. Cara merawat rambut untuk wanita berjilbab memang sedikit susah karena pada dasarnya pemilihan jilbab yang salah dapat membuat rambut menjadi lepek, rontok, bau dan mudah rusak. Kita pasti menginginkan kalau rambut kita senantiasa sehat dan tidak lepek, bau ataupun kering dan rusak. Maka dari itu kita harus mengetahui perawatan yang tepat agar rambut tetap sehat ketika kita menggunakan hijab. Kita bisa mencegah rambut rontok ketika kita memakai hijab. Banyak tips yang nantinya akan saya berikan.

Tips menjaga kesehatan rambut untuk wanita berjilbab

perawatan rambut berjilbabPerawatan rambut tidak harus yang mahal. Kita bisa menggunakan bahan-bahan yang murah untuk merawat rambut kita. Kita tetap harus menjaga kesehatan rambut kita walaupun kita sedang berjilbab. Kita memang tahu bahwa merawat rambut yang berhijab membutuhkan perawatan yang sangat ekstra. Karena terik di siang hari, biasanya kita merasa lebih panas dan rambut pun berkeringat.

Bagi wanitaberhijab, merawat rambut merupakan tantangan sendiri. Jika kita tidak pintar merawat rambut maka masalah yang akan timbul adalah adanya rambut yang berketombe, lepek, kusut, tidak mudah diatur, rontok, dan masalah rambut lainnya.

Untuk itu, kita harus mencegah dan menghindari kerusakan rambut yang cantik ini. Sudah tahu cara merawat rambut yang baik dan benar? Mari kita baca tips untuk merawat rambut berhijab berikut ini :

1. Keramas secara teratur menggunakan sampo yang tepat

Keramas secara teratur paling tidak sekali dalam sehari dengan menggunakan sampo yang tepat, sesuai dengan jenis rambut, dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

Pilih sampo yang mengandung bahan seperti ginseng, lidah buaya, madu, dan jeruk nipis. Ginseng dapat mencegah kerontokan rambut, dan rambut bercabang. idah buaya dapat menyuburkan dan menguatkan rambut. Sementara jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi ketombe.

2. Keringkan rambut sebelum menggunakan hijab

Setelah keramas, keringkan rambut hingga benar-benar kering sebelum menggunakan hijab. Usahakan selalu mengenakan hijab saat rambut dalam keadaan kering, karena jika menggunakan hijab saat kondisi rambut dalam keadaan basah dapat menyebabkan kulit kepala menjadi lembab, hal ini bisa memicu bau tidak sedap, munculnya ketombe, dan gatal-gatal pada kulit kepala.

Selain itu, menggunakan hijab saat rambut dalam keadaan basah juga bisa menyebabkan kepala pusing.

3. Gunakan hair tonic sehabis keramas

Menggunakan hair tonic sehabis keramas dapat membuat rambut dan kulit kepala kita terasa segar. Selain itu rambut akan kering secara alami. Saat kita menggunakan hair tonic, baiknya melakukan pijatan agar lebih mudah menyerap.

Nah, pijatan ini juga berkhasiat memperlancar peredaran darah. Lakukan pijatan dengan lembut.

4. Gunakan sisir yang tepat

Gunakan sisir plastik dengan gigi yang jarang untuk menghindari kerontokan rambut. Hindari menggunakan sisir yang bergigi rapat.

Selain itu, hindari menyisir dari belahan rambut karena kerontokan rambut bisa berawal dari garis belahan rambut.

5. Untuk rambut panjang, jangan mengikat rambut terlalu kencang saat mengenakan hijab

Mengikat rambut dengan kencang saat akan mengenakan hijab dapat membuat rambut menjadi rapuh dan mudah patah. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya kerontokan.

Mengikat rambut terlalu kencang akan mengakibatkan kepala menjadi pusing. Maka, ikatlah rambut dengan lembut, tidak terlalu ketat, sebelum menggunakan hijab.

6. Setelah menggunakan hijab, usahakan untuk mengurai rambut

Buka ikatan rambut setelah menggunakan hijab. Menguraikan rambut akan memberikan kesempatan pada rambut kita untuk bernapas.

Bukan itu saja, menguraikan rambut akan mengurangi kelembaban rambut sehingga menghindarkan kita dari kulit kepala yang berketombe.

Setelah melihat tentang tips perawatan rambut berjilbab di atas, mulai sekarang anda bisa membuat rambut anda menjadi lebih sehat dan tidak rusak. Kita tahu bahwa kebersihan merupakan bagian dari iman. Rawatlah mahkota berharga anda walaupun anda sedang menggunakan jilbab ataupun hijab.